Pages

Thursday, January 29, 2015

PENGERTIAN OLAHRAGA


Hai teman-teman,nama panggilanku RLAK :).Disini aku ingin membahas tentang olahraga.Nah,kalian semua pasti pernah dong olahraga.Kalau kalian ingin lebih mengenal olahraga yang ada, ikuti saya terus ya hihihi....




Kalian tau tidak pengertian dari olahraga sendiri itu apa?
Menurut para ahli,olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani.
Olahraga telah menjadi bagian hidup dari sebagian besar masyarakat Indonesia, baik di kota besar maupun di pelosok pedesaan. Orang yang mempunyai gaya hidup tidak merokok, berolahraga secara teratur, dan melakukan kerja fisik, ternyata berpeluang lima kali lebih tinggi terhindar dari penyakit jantung dan stroke daripada yang bergaya hidup sebaliknya. Faktor kegemukan, kurang gerak, riwayat keluarga terkena penyakit kardiovaskular, serta penyakit diabetes mempunyai risiko terkena penyakit jantung koroner empat kali lebih tinggi dibanding yang tidak menderita diabetes.
 Olahraga itu terbagi atas 2,yaitu:

-Olahraga Modern.Contoh:sepakbola,basket,catur,dll

-Olahraga Tradisional.Contoh:lompat batu,tarik tambang,dll

Berikut definisi menurut para ahli,sbb:

 1. Cholik Mutohir
    Olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat berupa permainan, petandingan, dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia yang memiliki Ideologi yang seutuhnya dan berkualitas berdasarkan Dasar Negara atau Pancasila.

2. Dewan Eropa
    Olahraga sebagai “aktivitas spontan, bebas dan dilaksanakan dalam waktu luang”.

3. Edward (1973)
    Olahraga harus spontan dari konsep bermain, games, dan sport.

4. Wikipedia
    Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur).

5. Soekarno
    Olahraga adalah alat untuk melaksanakan tiga tujuan revolusi Indonesia, yaiut: Negara Kesatuan RI yang kuat, masyarakat adil dan makmur, dan tata dunia baru. Dengan kata lain, Olahraga adalah alat untuk melaksanakan ampera (amanat penderitaan rakyat).

6. Suryanto Rukmono, S. Si
    Olahraga adalah suatu kegiatan untuk melatih tubuh kita agar badan terasa sehat dan kuat, baik secara jasmani maupun rohani.

7. Seno Gumira Ajidarma
    Olahraga adalah sarana kompetisi untuk menjadi nomer satu.

8. Jessica Dolland
    Olahraga adalah pereda stress yang sangat baik. Olahraga dapat mengalihkan pikiran dari kekhawatiran dengan cara meredakan ketegangan otot tubuh.

9. Kathryn Marsden
    Olahraga adalah pengusir stress terbaik yang pernah ditemukan.

10. Hans Tandra
    Olahraga adalah gerakan tubuh yang berirama dan teratur untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran.



(sumber:www.pengertianahli.com , www.ikerenki.com)

No comments:

Post a Comment